Cerita terbaru

Kamis Serem: Sosok Hantu Indonesia Yang Diangkat Jadi Film Horor



CERITA INSTANT - Di tengah kebangkitan film Indonesia, film bergenre horor seakan tersingkirkan oleh film-film bergenre drama dan komedi yang mendominasi perfilman Tanah Air. Wajar saja, sebab dalam beberapa tahun belakangan film-film horor karya anak bangsa kurang begitu digemari. Konon mereka berasumsi film horor Indonesia masa kini kurang berinovasi, dari segi cerita pun tidak banyak yang bisa digali.

Nah setuju nggak sih? Setuju nggak setuju, yang jelas jika kita flashback dalam beberapa tahun ke belakang, kita akan menemui film-film horor Indonesia yang pernah sukses di masanya. Kisahnya pun tetap abadi dan masih saja membuat bulu kuduk berdiri.
Beberapa film yang sukses diantaranya mengambil ide cerita lokal yang kisahnya telah melegenda di masyarakat. Dari sosok pocong, tuyul, kuntilanak, sundel bolong, semua lengkap mewarnai industri perfilman horor Tanah Air. Ini dia sosok-sosok hantu urban legend yang kisahnya telah sukses diangkat ke layar lebar. Dijamin bakalan bikin merinding!


Hayoo masih ingat nggak dengan film ini? Pada masanya film Jelangkung turut menandai kebangkitan film horor di Indonesia. Film yang dibintangi oleh Winky Wiryawan ini mengangkat kisah tentang sosok fenomenal yang melegenda di masyarakat jaman dulu yaitu boneka Jelangkung. Konon katanya kita dilarang keras lho memainkan boneka jelangkung sembarangan. Hmm, kalaupun nekad sih bisa jadi bakal bernasib sama dengan kisah di film ini. Hii..

Jelangkung (2001)



Sundel Bolong (1981)

Masih inget nggak sih dengan film yang dibintangi Suzanna, sang Ratu Horor Indonesia ini. Film yang rilis di tahun 1981 itu menciptakan adegan ikonik yang terus terngiang-ngiang. “Bang, satenya bang! Sate 200 tusuk makan di sini”. Nggak cuma itu, ia juga memesan soto yang masih panas dan memakannya langsung dari panci yang masih mendidih. Dalam sekejap sotonya pun langsung ditenggak habis. Cadasss!
Dibintangi oleh Suzanna dan Barry Prima, film Sundel Bolong mengisahkan dendam seorang arwah wanita yang gentayangan dalam wujud sundel bolong.






Pocong 2 (2006)
Di tahun 2006 hadir sebuah film tentang figur hantu yang paling melegenda di Indonesia yaitu Pocong. Film arahan Rudi Soedjarwo ini dibintangi oleh Revalina S. Temat, Risty Tagor, dan Ringgo Agus Rahman. Film Pocong 2 berkisah tentang kakak beradik, Maya dan Andin yang baru saja menempati apartemen baru mereka. Bukannya menjadi hunian nyaman, di tempat inilah Andin justru sering melihat penampakan dan kemunculan hantu Pocong. Maya pun tak henti-hentinya mengalami kejadian janggal selama menempati apartemen baru mereka. Ih seremmm!