Cerita terbaru

Cerita Hantu - Fektival Hantu Di Indonesia


Ceritainstant.com - Indonesia merupakan negara dengan banyak kepulauannya, dan terkenal sejak lama dengan beraneka ragam suku dan budaya serta kepercayaannya. Sehingga hal tersebut membuat Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi para masyarakat luas di dunia. Tak hanya keanekaragaman suku budayanya saja yang terkenal, melainkan di setiap sudut daerah yang ada di Indonesia juga memiliki banyak sekali kepercayaan yang luas dengan berbagai macam cerita-cerita mistis. Hal tersebut membuat Indonesia seringkali menimbulkan berbagai macam cerita yang sangat menyeramkan dengan sosok hantu-hantu yang ada di Indonesia.
Banyak sekali hantu hantu yang dianggap telah menghuni Indonesia dan mereka sangatlah menyeramkan. Banyak di antara orang-orang yang mengganggap keberadaannya itu memang betul-betul ada, tapi ada juga yang mengganggap bahwa cerita itu hanyalah sebuah cerita bohong belaka.

Di Indonesia memang banyak sekali kisah-kisah hantu paling seram dan menakutkan serta hingga sampai saat ini masih melegenda di kalangan masyarakat. Di antara kisah-kisah hantu paling seram yang ada di Indonesia sebagian besar telah diangkat ke dalam sebuah film horor seperti hantu pocong, kuntilanak, atau juga sundel bolong.

Beberapa kisah atau cerita tentang hantu paling seram yang ada di Indonesia dapat anda lihat melalui penjelasan berikut ini!

Salah satu hantu yang paling seram yang ada di Indonesia adalah hantu pocong. Banyak orang yang telah mempercayai bahwa pocong merupakan arwah yang gentayangan karena ketika orang tersebut meninggal, tali pengikatnya tidak dilepas entah itu karena di sengaja ataupun tidak. Pocong adalah sesosok hantu dengan wujud manusia yang telah meninggal dan telah dikafani dengan wajah yang seram dan sangat mengerikan.

Pocong memang dianggap sebagai hantu yang sangat menyeramkan. Apalagi bagi mereka yang percaya bahwa hantu ini ada karena merupakan bentuk protes dari orang yang telah meninggal akibat ketika proses pemakamannya seseorang lupa membuka ikatan kafannya saat kuburannya ditutup. Sehingga tidak ayal bila banyak orang yang menggambarkan hantu pocong tersebut seperti melompat-lompat. Selain itu penggambaran hantu pocong juga dikenal dengan penampakan hantu yang memiliki wajah rata tanpa ekspresi dan putih pucat dengan lubang mata yang berongga.

Memang penggambaran wajah pocong sangat beragam. Namun dibalik itu semua ada tiga versi mengani asal-usul sosok hantu pocong yang ada di Indonesia, yaitu:

Hantu tersebut mungkin saja betul karena si orang yang meninggal lupa dibukakan tali pocongnya. Atau si arwah ketika hidupnya hingga ia meninggal masih memiliki banyak tanggungan entah itu hutang atau apa sehingga mencoba memohon maaf dengan wujud menyerupai pocong. Sehingga ketika orang yang meninggal tersebut ketika akan dikebumikan lupa dibukakan tali pocongnya hingga ia menjelma menjadi sosok pocong yang mengerikan seperti saat dia mati. Akan tetapi pocog tersebut tda gentayangan untuk menakuti beberapa orang yang ada di sekitarnya. Bila ia bergentanyangan serta mencoba untuk menakut-nakuti orang yang ada disekelilingnya mungkin saja bermakna bahwa dia masih memiliki tanggungan sepanjang hidupnya seperti masih memiliki hutang maaf kepada orang lain yang masih hidup.

Penampakan pocong tersebut akan nampak ketika adzan magrib tiba atau bisa juga setelah usai sholat magrib. Biasanya ia akan nampak pas ditengah-tengah pusar kuburannya dengan bentuk macam asap. Lalu kemudian menjadi makhluk kecil yang melompat-lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, lalu melompat lagi ke arah kepalanya. Selanjuta ia juga akan melompat ke posisi samping makamnya ke sebelah baratnya maka jadilah sosok hantu pocong yang sempurna.

Dia juga akan berjalan melingkari kuburannya sebanyak satu kali, walaupun ketika ia berjalan ia nampak kalau kakinya terikat tapi masih saja ia dapat berjalan dengan kaki yang terikat itu. Tidak seperti yang digambarkan di televisi yang melompat-lompat.

Hantu pocong yang satu ini memiliki ciri-ciri dengan wajah yang condong tampak seperti tengkorak. Tidak ada alisnya maupun kulit atau dagingnya. Selain itu bola matanya tampak seperti akan mau keluar. Kadang-kadang diantara kedua bola matanya itu tampak seperti ada belatung yang mencoba keluar masuk.

Namun, bila anda berjumpa dengan sesosok hantu pocong seperti gambaran di atas di tempat lain atau di tempat-tempat yang tidak anda kenal maka yang harus anda kerjakan adalah menarik napas yang dari dalam hidung lalu keluarkan dan bacalah basmallal yang disertai dengan bacaan surat al fatihah dan Ayat Kursi sebagai penutupnya.

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan mungkin masih banyak di antara mereka yang memiliki pandangan besar pad hal-hal mistis. Apalagi bila ada sanak keluarganya yang telah dibunuh dengan cara yang tidak lumrah, seperti diperkosa lalu dibunuh, atau dibunuhh dengan menggunakan cara-cara yang tak wajar, dan lain-lain. Meskipun jaman sekarang sudah banyak polisi namunmasih saja belum ketemu siapa pelakunya, maka jadilah langkah berikut mereka gunakan untuk menakut-nakuti si pelaku agar mengakui kejahatannya dengan cara tidak membuka tali pocongnya.

Selain itu, penampakan hantu-hantu pocong dapat pula datang karena adanya jin yang menyerupai atau mirip dengan sosok pocong. Jin juga dibedakan menjadi sebagian kelompok, serta yang paling parah adalah jin kafir. Jin semacam ini bisa menyerupai apa saja yang sedang ia kehendaki bahkan juga bisa berwujud seperti layaknya hantu pocong.

Pada umumnya, jin kafir yang menyerupai pocong ini akan menunjukkan langkah yang tidak sama. Ia dapat menunjukkan wajahnya di atas pohon, di balik dinding, atau bahkan di pohon dengan separuh tubuhnya saja yang diperlihatkan. Ciri-ciri dari bentuk pocong jin kafir ini tidaklah sama. Matanya lebih condong menyala warna merah atau juga biru.


Biasanya mayat yang digunakan oleh para dukun atau pakar santet dalam penampakan hantu pocong ini akan nampak karena beberapa manfaat badan yang digunakan untuk menakut-nakuti orang lain. Para dukun santet ini biasanya menggunakan hal-hal semacam itu dengan memohon tumbal agar bisa menguatkan ilmu yang dimilikinya.

Sebagian besar para dukun sering menggunakan mayat orang lain yang digunakan untuk menakut-nakuti orang atau bahkan juga mungkin akan membunuh target sesuai dengan keinginan yang meminta.

Ciri-ciri yang paling umum dari bentuk pocong yang direkayasa oleh para dukun adalah masih memakai pocong yang tampak utuh atau juga di wajahnya masih terdapat kapas, selain itu di matanya, hidungnya, kecuali mulutnya juga masih terdapat kapas. Bila anda sering kali berjumpa dengan bentuk pocong yang semacam itu di rumah anda, maka bisa jadi ada yang menggunakan jasa dukun untuk mengganggu anda.

Selain pocong, kuntilanak juga merupakan hantu yang paling menyeramkan yang ada di Indonesia. Umumnya, hantu ini berwujud seperti seorang wanita dengan rambut yanh panjang dan suaranya terdengar seperti rintihan atau juga tertawa yang sangat menakutkan.

Hantu kuntilanak ini menurut ceritanya biasanya akan muncul atau tampak ketika malam hari setelah magrib tiba, terutama ketika hujan rintik-rintik. Berdasarkan mitos yang telah beredar apabila suara kuntilanak itu terdengar pelan atau seperti jauh, justru malah sesungguhnya ia dekat dengan kita. Demikian juga sebaliknya, bila suara tawa dari kuntilanak itu terdengar dekat dan terasa besar sekali justru malah dia jauh dengan kita.

Membicarakan masalah kuntilanak, memang nama hantu yang satu ini membuat salah satu kota yang ada di Indonesia menjafi populer yaitu kota Pontianak. Sementara asal-usul nama dari kuntilanak sendiri di ambil dari dua kata yakni kata “kunti” dan kata “anak”. Kunti memiliki arti hamil, sedangkan anak memiliki arti anak. Jadi, definisi atau arti dari nama kuntilanak adalah hantu wanita yang meninggal dunia dalam keadaan hamil atau melahirkan anak.

Sosok kuntilanak biasa terlihat sebagai seorang hantu wanita yang cantik dengan rambut panjang serta mengenakan pakaian berwarna putih. Awalnya memang kuntilanak ini digambarkan ke dalam sosok wanita cantik. Akan tetapi, kuntilanak ini juga digambarkan sebagai sosok hantu yang suka meneror orang-orang atau masyarakat yang berada di desa (kampung) untuk menuntut balas. Kedatangan kuntilanak biasanya diiringi dengan bau harum dari bunga kamboja.

Pada kisah masyarakat melayu, kuntilanak ini juga digambarkan sebagai sosok perempuan cantik yang juga muncul bersamaan dengan bau harum dari bunga kamboja. Konon katanya, hantu kuntilanak ini sangat menyukai pohon tertentu sebgai tempat tinggal atau persemayamannya. Pohon yang biasanya dijadikan tempat tinggalnya tersbeut seperti pohon waru condong ke samping atau waru doyong.